Jumat, 17 September 2010

Sambut hari masuk sekolah di pematang sawah

“Ayo sekolah, ayo sekolah lagi! Tapi besok libur lagi,” teriak bocah lelaki bernama Adit di pematang sawah. Dia berbicara lantang sambil melambai-lambaikan tangan kanannya. Sementara tangan kirinya memegang poster berukuran besar. Adit tak sendiri, siswa Kelas IV SD ini bersama beberapa temannya melakukan hal serupa. Anak-anak usia SD pagi itu beramai-ramai bermain di sawah kampung di kawasan Tunggulsari Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari, Kamis (16/9).
Mereka membawa poster ukuran kertas A3. Poster-poster itu bertuliskan Ayo Sekolah Lagi. Tulisan itu memang sengaja dibikin untuk menyambut hari masuk sekolah lagi setelah libur Lebaran yang cukup lama. Mereka berjajar di antara pematang sawah sambil membawa poster-poster itu. Sesekali mereka mengeluarkan yel-yel seperti Sekolah sekolah ayo, Masuk Sekolah Lagi.“Akhirnya sudah masuk sekolah lagi. Senang rasanya apalagi bisa bertemu teman-teman,” ujar Adit. Anak lelaki ini mengaku libur selama kurang lebih dua pekan. Masa liburan Lebaran ia manfaatkan untuk berkunjung ke rumah sang nenek di Sukoharjo serta bertandang ke sanak famili.
Bram, juga melakukan hal serupa. Namun agaknya dia lebih suka bersenandung dan bernyanyi. Maka lagu Aku Seorang Kapiten meluncur dari mulut bocah kecil berbaju oranye ini sambil sedikit melompat-lompat. Senandungnya pun diikuti anak-anak lain yang berdiri di sampingnya.
Sementara itu, seorang anak lelaki menyanyikan sebuah lagu berjudul Aku Anak Sehat namun dengan lirik yang diubah atau diplesetkan anak-anak sendiri. Tak pelak lirik lagu yang berubah itu terdengar aneh dan menimbulkan gelak tawa. Setelah bergaya layaknya pendemo yang tengah beroperasi, mereka pun berjalan pelan-pelan di pematang sawah dengan membawa sederet tulisan-tulisan Ayo Sekolah.
Sesekali beberapa gadis kecil yang ikut dalam pawai kecil terlihat terjatuh ke sawah. Maklum galangan yang berupa gundukan tanah di pematang sawah cukup sempit sehingga hanya mampu dilewati satu orang saja. Namun langkah kaki si anak-anak tak surut, mereka terus berjalan sambil melambai-lambaikan tangan.
“Ini memang saatnya kembali ke sekolah libur panjang Lebaran,” tutur penggagas ide, Mayor Haristanto. Sang Pemimpin Republik Aeng-Aeng ini mengajak beberapa anak untuk menyambut hari-hari sekolah yang akan segera dimulai lagi. Mayor berharap anak-anak bisa merasa senang dengan kembali belajar di sekolah.

0 Komentar:

Posting Komentar