Rabu, 20 November 2013

Si Baby Champ, Marquez dan Angka 20

Juara Dunia MotoGP 2013, Marc Marquez (MotoGP.com)
Saya mengagumi pembalap belia, Marc Marquez ini sejak ia masih berlaga di ajang Moto2. Pembalap muda asal Spanyol ini boleh jadi sangat garang saat berlaga di lintasan balap, tetapi ia berubah menjadi sosok yang super murah senyum ketika atribut helm itu tak menutupi wajahnya. Hanya butuh waktu dua musim bagi pembalap muda ini untuk bisa merengkuh mahkota Moto2 2012.
Keberhasilan itu menghantarkannya naik kasta ke MotoGP musim 2013. Di ajang balap kelas premier ini Marquez melesat bak peluru. Mungkin Marquez memang dilahirkan untuk mencetak rekor di dunia balap. Di usianya yang baru 20 tahun, Marquez yang berstatus sebagai debutan berhasil menjadi pembalap termuda juara dunia sepanjang sejarah MotoGP. Di angka 20 ini sejarah pembalap muda kelahiran Cervera, Spanyol ini baru dimulai.
Pembalap kelahiran 17 Februari 1993 ini mengambil alih rekor “King” Kenny Roberts yang juga berstatus rookie juara pada musim 1978. Kemenangan ini juga menguatkan posisi Honda sebagai tim pabrikan paling tangguh musim ini. Honda berhasil mengambil kembali mahkota MotoGP yang diraihnya terakhir kali pada 2011 oleh Casey Stoner.
Bintang Honda ini mencetak rekor rookie baru dengan mengemas enam kemenangan di musim ini. Mahkota MotoGP ini berhasil direngkuhnya selepas finis di urutan ketiga di Valencia, GP Spanyol, Minggu (10/11) WIB. Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo boleh saja memenangi seri pamungkas ini, tetapi Marquez lah yang lahir sebagai juara sesungguhnya.
Kemunculan sang juara Moto2 2012 di kelas balap premier sejak awal musim ini memang langsung mencuri perhatian publik. Di seri perdananya GP Qatar, si anak baru langsung naik podium di urutan ketiga. Tak butuh waktu lama bagi si baby alien ini untuk mencicipi manisnya podium utama lantaran di seri kedua, GP Amerika Serikat, Marc meraih kemenangan perdananya. Bahkan, ia mencetak quattrick kemenangan dari GP Jerman hingga GP Republik Cheska.
Marc Marquez (Crash.net)
Sang debutan mendapat banyak pelajaran dari serangkaian insiden yang dialaminya. Mulai dari crash di Mugello hingga petaka black flag di Philip Island. Banyak pihak menilai sang rookie layak untuk meraih titel prestisius ini. Namun, tak sedikit yang mengira apa yang diraih juara Moto2 2012 ini sekadar faktor keberuntungan lantaran langsung berlabuh di tim sekuat Honda.
Total sang bintang baru ini mengemas 6 kemenangan, 16 podium dan 9 pole position. Sederet prestasinya ini tak pelak membuat Marquez layak digadang-gadang menjadi legenda baru MotoGP. Marquez berhasil menduduki takhta MotoGP dengan torehan 334 poin atau selisih 4 poin dari sang juara bertahan, Lorenzo yang mencatatkan 330 poin sebagai runner up.
Di musim depan, tentu saja bukan hal yang mudah bagi pembalap bernomor motor 93 ini. Jika musim ini ia mendapat perlawanan ketat dari Jorge Lorenzo serta rekannya, Dani Pedrosa, musim depn rivalitas diprediksi bakal semakin sengit. Sebab, MotoGP kehadiran dua pembalap baru jebolan Moto2. Juara Moto2 2013, Pol Espargaro dan runner up Moto2, Scott Redding siap bereuni dengan si baby champ di lintasan balap MotoGP musim depan.

0 Komentar:

Posting Komentar