Sabtu, 14 Juli 2012

Karimunjawa, Pulau yang Super Keren


Adalah mimpi yang menjadi kenyataan ketika saya bisa menginjakkan kaki di daratan Pulau Karimunjawa. Pulau yang menurut saya termasuk eksotis dan menawan. Lelahnya perjalanan darat dan laut untuk menuju pulau di utara Pulau Jawa ini terbayar lunas dengan pemandangan laut serta pantainya yang aduhai.
Siapapun yang pernah singgah di pulau ini pasti sepakat dengan pendapat saya tentang bagaimana cantiknya daratan ini. Perjalanan untuk sampai ke gugusan kepulauan yang masih masuk Kabupaten Jepara ini cukup mudah. Hanya saja Anda harus bersabar untuk menyeberangi luasnya Laut Jawa.


Ada dua alternatif yang bisa kita ambil untuk sampai ke Karimunjawa. Kini transportasi laut semakin dipermudah dengan adanya kapal cepat. Namun, jika ingin menikmati sensasi selama setengah hari di laut, Anda bisa memilih kapal feri KMP Muria yang berlayar setiap dua hari sekali dari pelabuhan Kartini Jepara. Menaiki kapal muatan ini lamanya bisa sampai enam jam. Bersiaplah bagi yang punya mabuk laut untuk tidak lupa meminum obat anti mabuk dulu sebelum berlayar. Biasanya kapal ini berangkat sekitar pukuol 09.00WIB. Manakala penumpang sudah penuh, kapal bisa berangkat lebih dari awal dari yang dijadwalkan.Aroma laut sudah tercium begitu kaki menapaki dermaga Karimunjawa. Anda bisa memilih untuk berwisata secara mandiri atau ikut agensi wisata yang sudah banyak ada di pulau ini. Jika tak mau repot, cukuplah ikut travel agen yang akan membawa Anda berwisata ke pantai-pantai yang seksi di pulau ini. 



Jika memilih untuk berwisata mandiri juga tidak masalah. Karena di pulau yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya ini menyediakan berbagai fasilitas penginapan mulai dari kelas hotel hingga rumah penduduk. Mereka juga menyewakan kapal-kapal kecil untuk berlayar serta perlengkapan snorkling. Selain itu, pilihlah waktu saat musim sepi liburan. Pantai dan laut akan serasa milik Anda pribadi. Sebab, jika ke Karimunjawa saat liburan, terlalu banyak wisatawan yang membuat petualangan Anda jadi kurang menarik. Pilihlah bulan-bulan Maret, April ataupun Mei. Saat itu, kondisi laut juga stabil serta tidak bertepatan dengan liburan sekolah. Berlibur di Karimunjawa adalah pilihan yang sangat tepat. Pantainya yang bersih berpadi dengan pasir putih berderet di sejumlah pulau yang mengelilingi pulau utama. Karimunjawa terbagi menjadi dua wilayah antara kepulauan timur dan barat. Setiap pulau pun memiliki ciri khas sendiri-sendiri. 


Saking banyaknya pulau, saya sampai lupa nama-namanya. Ada Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Tengah, Cemara Besar, Cemara Kecil, Tanjung Gelam dan banyak lagi. Wisata ke sini Anda harus bersiap menceburkan diri di laut. Bahkan, Anda harus berani bersnorkling ria untuk melihat eloknya pemandangan bawah laut. Beragam jenis ikan ada di sini. Ada pula ikan yang khas seperti nemo biru maupun ikan lain. Namun, Anda perlu juga hati-hati saat bersnorkling. Tidak bisa sembarang karang di laut boleh dipegang. Bisa jadi itu adalah tumbuhan yang beracun maupun hewan yang punya duri-duri tajam.


Bersambung...


1 komentar: