Rabu, 11 Juli 2012

Menyapa siang terik di Pantai Indrayanti


Menikmati siang yang terik di kawasan pantai di Gunung Kidul Yogyakarta mungkin bisa menjadi alternatif keluarga untuk berlibur. Salah satunya adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini terletak satu garis pantai dengan Krakal, Kukup, Pulau Drini dan Sundak.

Pantai ini tak jauh beda dengan lautan khas pesisir Wonosari, Gunung Kidul. Berpasir putih dengan pantai yang landai komplet dengan karang serta desiran ombak samudra yang dahsyat.

Saya mengendarai sepeda motor untuk sampai ke tempat ini. Dari Solo dengan berkendara kurang lebih sekitar tiga jam perjalanan. Cukup mudah untuk menemukan lokasinya. Jika dari arah Candi Prambanan ambil jalan ke arah Wonosari. Dari sana akan banyak papan petunjuk yang bertuliskan pantai-pantai.

Sesampainya di Wonosari, akan ada dua pilihan jalan yakni ke Baron atau Krakal, Kukup. Jika ingin ke Indrayanti, bisa memilih yang sejalan dengan Pantai Krakal-Kukup.


Memakai motorpun cukup irit. Sekitar Rp20.000 untuk isi bensin penuh sudah bisa sampai ke lokasi. Sebelum masuk ke area wisata, di gerbang cukup membayar Rp2.000 setiap orangnya. Sesampainya di pantai, untuk upah titip motor hanya Rp2.000. Murah kan?



Tapi, alangkah baiknya menyiapkan diri dulu sebelum bepergian jauh. Apalagi jika mengendarai motor. Jangan lupa memakai helm standar plus sarung tangan dan penutup mulut agar tak terkena banyak debu. Jangan lupakan pula untuk mengenakan jaket yang cukup tebal.

Pastikan kendaraan yang dipakai juga dalam kondisi baik. Terutama 
mesin, lampu serta keadaan keseluruhan sepeda motornya. Jarak antara pengisian bbm seperti SPBU dari pantai cukup jauh, hehehe.

Boleh dibilang pantai ini cukup bersih. Tak ada sampah yang berserakan seperti di umumnya pantai-pantai seperti Parangtritis. Mungkin karena sudah banyak dikenal wisatawan, jadi banyak turis juga yang menyambangi tempat ini.


Begitu masuk ke area pantai, semilir angin bakal menyambut dengan khas. Di pinggir pantai ada sederet gazebo untuk tempat bersantai. Anda bisa sekadar memesan makanan maupun minuman sambil menikmati indahnya pemandangan di selatan Kota Jogjakarta ini. 
bersambung...

0 Komentar:

Posting Komentar